RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS Kajian Reflektif Teoritis H.Hamzah H.Syharir |
Keterampilan
berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) adalah kemampuan
berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaan yang rumit dalam memecahkan kasus
dalam sebuah masalah. Pendidik
bertanggungjawab melatih peserta didik dengan latihan berpikir tingkat
tinggi, hanya dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat digunakan
peserta didik dalam menjalani hidupnya setelah menyelesaikan pendidikan.
Berpikir tingkat rendah hanya bermanfaat untuk menjawab soal-soal ulangan/ujian
yang kurang dapat digunakan dalam kehidupan nyata. Berpikir
tingkat tinggi tidak hanya di pendidikan lanjutan, namun sejak sekolah dasar
peserta didik dapat dilatih berpikir tingkat tinggi. contoh pertanyaan 1 + 1
= .... pertanyaan seperti ini hanya melatih peserta didik berpikir tingkat
rendah, sedangkan pertanyaan 5 = ... +
... pertanyaan seperti ini dapat melatih peserta didik berpikir tingkat
tinggi, sehingga segala permasalahan yang sama bila disampaikan dengan cara
berbeda dapat berubah dari latihan berpikir tingkat rendah menjadi latihan
berpikir tingkat tinggi. Kemampuan
pendidik untuk membuat pertanyaan dan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang mengandung unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi
merupakan sesuatu yang mutlak harus dimiliki. Pendidik yang terampil membuat
pertanyaan dan terampil dalam membuat RPP yang mengandung keterampilan
berpikir tingkat tinggi dapat mengantarkan peserta didik mampu memecahkan
permasalahan dalam kehidupannya setelah mereka menyelesaikan pendidikan. |
Ada beberapa
langkah atau cara yang mungkin dapat dilakukan oleh pendidik dalam melatih
peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi antara lain : |
Kegiatan
membuat peta konsep merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan
kesempatan peserta didik untuk menunjukan cara berpikir kritis dan kreatif.
Pada kegiatan ini peserta didik diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahaman
tentang sebuah teks bacaan yang dibacanya |
Mengajukan
pertanyaan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan dan
mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Peserta didik dilatih
untuk mampu merumuskan pertanyaan yang kritis dan kreatif yang didorong oleh
rasa ingin tahunya tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui |
Salah
satu sarana yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk
menumbuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS), dengan latihan membuat buku
harian belajar/catatan harian/jurnal peserta didik berkesempatan untuk
merangkum semua kegiatan pembelajaran yang sudah mereka dapatkan dengan
mengaitkan pengalaman yang mereka miliki sebelumnya dengan pengalaman
pembelajaran yang baru. |
Era
globalisasi saat ini teknologi informasi merupakan hal yang sudah tidak asing
lagi bahkan bagi peserta didik usia jenjang SD. Informasi pembelajaran sudah
tidak dibatasi dengan penggunaan buku teks (buku babon). Peserta didik
diperbolehkan untuk mencari informasi di berbagai sumber lain di luar buku
teks. Kegiatan pembelajaran kolaboratif berbasis TI dapat pula dijadikan
sarana meningkatkan dan menumbuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Peserta
didik pada kegiatan ini diberi keleluasaan untuk melengkapi pemahaman mereka
dengan mencari informasi tambahan dari sumber lain seperti internet guna
mendukung pengalaman belajar |
Analogi
digunakan untuk mempermudah dan memperjelas tentang sesuatu yang biasanya
bersifat abstrak. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan analogi bertujuan
untuk menjelaskan sebuah konsep yang masih bersifat abstrak |
Cara
atau metode yang sangat menarik bagi peserta didik yang dapat menumbuhkan dan
mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah menggunakan
eksperimen yang berbasis pada model pembelajaran inkuiri. Dalam kegiatan ini
peserta didik dilatih untuk berpikir kritis, yakni berpikir dan memeriksa,
menghubungkan (elaborasi), dan mengevaluasi semua aspek. |
Alternatif
lain untuk menumbuhkan dan mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)
dapat pula dilakukan dengan menggunakan metode proyek/penugasan. Melalui
tugas proyek atau tugas peserta didik dilatih untuk terampil berpikir kritis
dan kreatif |
Membuat
keputusan merupakan suatu keterampilan yang membutuhkan cara berpikir kritis
dan kreatif, dalam kegiatan ini peserta didik dilatih untuk memiliki
keterampilan membuat keputusan, salah satu cara adalah dengan memberikan
pengalaman kasus-kasus atau permasalahan yang faktual |
Rencana Pembelajaran Berbasis
Higher Order Thinking Skills (HOTS) meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif, dalam kegiatan ini peserta
didik dilatih untuk memiliki keterampilan membuat keputusan, salah satu cara
adalah dengan memberikan pengalaman kasus atau permasalahan yang
faktual sesuai Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar