Rabu, 13 Oktober 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS
HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) JENJANG SD, SMP, SMA

Kajian Reflektif Teoritis

H.Hamzah H.Syharir


Pembahasan
 1.  Bagaimana Cara Melatih Peserta Didik Berpikir Tingkat Tinggi
 

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) adalah kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaan yang rumit dalam memecahkan kasus dalam sebuah masalah.

Pendidik bertanggungjawab melatih peserta didik dengan latihan berpikir tingkat tinggi, hanya dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat digunakan peserta didik dalam menjalani hidupnya setelah menyelesaikan pendidikan. Berpikir tingkat rendah hanya bermanfaat untuk menjawab soal-soal ulangan/ujian yang kurang dapat digunakan dalam kehidupan nyata.

Berpikir tingkat tinggi tidak hanya di pendidikan lanjutan, namun sejak sekolah dasar peserta didik dapat dilatih berpikir tingkat tinggi. contoh pertanyaan 1 + 1 = .... pertanyaan seperti ini hanya melatih peserta didik berpikir tingkat rendah, sedangkan pertanyaan  5 = ... + ... pertanyaan seperti ini dapat melatih peserta didik berpikir tingkat tinggi, sehingga segala permasalahan yang sama bila disampaikan dengan cara berbeda dapat berubah dari latihan berpikir tingkat rendah menjadi latihan berpikir tingkat tinggi.

Kemampuan pendidik untuk membuat pertanyaan dan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengandung unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan sesuatu yang mutlak harus dimiliki. Pendidik yang terampil membuat pertanyaan dan terampil dalam membuat RPP yang mengandung keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat mengantarkan peserta didik mampu memecahkan permasalahan dalam kehidupannya setelah mereka menyelesaikan pendidikan.

 2.  Bagaimana Cara yang dilakukan Pendidik

Ada beberapa langkah atau cara yang mungkin dapat dilakukan oleh pendidik dalam melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi antara lain :

    1.  Membuat Peta Konsep 

Kegiatan membuat peta konsep merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan peserta didik untuk menunjukan cara berpikir kritis dan kreatif. Pada kegiatan ini peserta didik diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahaman tentang sebuah teks bacaan yang dibacanya


      2.  Mengajukan Beberapa Pertanyaan 

Mengajukan pertanyaan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan dan mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Peserta didik dilatih untuk mampu merumuskan pertanyaan yang kritis dan kreatif yang didorong oleh rasa ingin tahunya tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui


     3.  Menyusun Buku Harian Belajar/Jurnal Pembelajaran 

Salah satu sarana yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk menumbuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS), dengan latihan membuat buku harian belajar/catatan harian/jurnal peserta didik berkesempatan untuk merangkum semua kegiatan pembelajaran yang sudah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman yang mereka miliki sebelumnya dengan pengalaman pembelajaran yang baru.


       4. Pembelajaran Kolaboratif Berbasis TI (Teknologi Informasi)

Era globalisasi saat ini teknologi informasi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bahkan bagi peserta didik usia jenjang SD. Informasi pembelajaran sudah tidak dibatasi dengan penggunaan buku teks (buku babon). Peserta didik diperbolehkan untuk mencari informasi di berbagai sumber lain di luar buku teks. Kegiatan pembelajaran kolaboratif berbasis TI dapat pula dijadikan sarana meningkatkan dan menumbuhkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Peserta didik pada kegiatan ini diberi keleluasaan untuk melengkapi pemahaman mereka dengan mencari informasi tambahan dari sumber lain seperti internet guna mendukung pengalaman belajar


       5. Menggunakan Analogi

Analogi digunakan untuk mempermudah dan memperjelas tentang sesuatu yang biasanya bersifat abstrak. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan analogi bertujuan untuk menjelaskan sebuah konsep yang masih bersifat abstrak


       6. Eksperimen Berbasis Inkuiri

Cara atau metode yang sangat menarik bagi peserta didik yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah menggunakan eksperimen yang berbasis pada model pembelajaran inkuiri. Dalam kegiatan ini peserta didik dilatih untuk berpikir kritis, yakni berpikir dan memeriksa, menghubungkan (elaborasi), dan mengevaluasi semua aspek.


       7. Metode Proyek

Alternatif lain untuk menumbuhkan dan mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dapat pula dilakukan dengan menggunakan metode proyek/penugasan. Melalui tugas proyek atau tugas peserta didik dilatih untuk terampil berpikir kritis dan kreatif


      8.  Latihan Membuat Keputusan

Membuat keputusan merupakan suatu keterampilan yang membutuhkan cara berpikir kritis dan kreatif, dalam kegiatan ini peserta didik dilatih untuk memiliki keterampilan membuat keputusan, salah satu cara adalah dengan memberikan pengalaman kasus-kasus atau permasalahan yang faktual

 Penutup

Rencana Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif, dalam kegiatan ini peserta didik dilatih untuk memiliki keterampilan membuat keputusan, salah satu cara adalah dengan memberikan pengalaman kasus atau permasalahan yang faktual sesuai Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar