Kamis, 14 Oktober 2021

 Model Instrumen Supervisi Data Pemenuhan 8 SNP (H.Hamzah H.Syahrir dan H.Muh. Irfan)

INSTRUMEN  SUPERVISI DATA PELAKSANAAN

 STANDAR  PEMBIAYAAN

 

   Nama   Sekolah          :..........................................................................................................................

   Nama Kepala Sekolah :..........................................................................................................................

   Alamat Sekolah/Kota  :..........................................................................................................................

 

 

Aspek

 

Indikator dan Sub Indikator

 

 

Skor

0

1

2

3

4

Kepemilikan

Dokumen

Perangkat Akreditasi BAN S/M

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Sekolah memberikan layanan subsidi silang

 

    1.1. Pembebasan biaya bagi siswa tidak mampu

           1. Ada biaya yang dialokasikan untuk membantu

               siswa tidak mampu berupa:

               1. pengurangan dan pembebasan biaya

                   pendidikan,

               2. pemberian bea siswa,  

               3. bentuk biaya lainnya.

           2. Meniadakan pungutan biaya operasional lain

               (biaya yang dikeluarkan oleh siswa selain uang

               sekolah yang relevan) kepada siswa tidak

               mampu yang meliputi:

               1. biaya ujian;

               2. biaya praktikum;

               3. biaya perpisahan;

               4. biaya study tour;

           3. Menetapkan pendidikan gratis bagi seluruh

               siswa sesuai peraturan resmi pemerintah/

               pemerintah daerah.

    1.2. Terdapat daftar siswa dengan latar belakang

           ekonomi yang jelas

           1. Terdapat data siswa tidak mampu.

           2. Terdapat data siswa penerima beasiswa

           3. Terdapat data riil pemasukan pembayaran dari

               orangtua siswa yang ada pada buku kas/

               laporan keuangan.

    1.3. Melaksanakan subsidi silang untuk membantu

           siswa kurang mampu

           1. Penetapan uang sekolah (iuran bulanan)

               mempertimbangkan kemampuan

               ekonomi orangtua siswa.

           2. Sekolah melakukan bantuan subsidi silang

               kepada siswa yang kurang mampu secara

               ekonomi, baik melalui pengurangan dan

               pembebasan biaya pendidikan (SPP),

               pemberian beasiswa dan sebagainya untuk

               membantu siswa dari keluarga kurang mampu 

               agar dapat mengikuti pendidikan secara teratur

             dan berkelanjutan.

         3. Bantuan pemerintah, pemerintah daerah,

             maupun lembaga lain dapat dimasukkan sebagai

             bantuan.

         4. Bila di sekolah tidak ada siswa dari keluarga

             yang kurang mampu artinya semuanya

             mampu sehingga tidak ada subsidi silang

 

2. Beban operasional sekolah sesuai ketentuan

 

    2.1. Terdapat biaya operasional non personil sesuai

           ketentuan

           1. Memiliki standar biaya yang diperlukan untuk

               membiayai kegiatan operasional nonpersonalia

               selama 1 (satu) tahun.

           2. Terdapat standar biaya operasi nonpersonalia

               per sekolah/program keahlian, per rombongan

               belajar, dan per siswa, serta besaran

               presentase minimum biaya alat tulis sekolah

               (ATS) dan bahan dan alat habis pakai (BAHP),

           3. Pengambilan keputusan dalam penetapan

               besarnya dana yang digali dari masyarakat

               sebagai biaya operasional dilakukan dengan

               melibatkan berbagai pihak terkait (kepala

               sekolah melibatkan komite sekolah, perwakilan

               guru, perwakilan tenaga kependidikan,

               perwakilan siswa dan penyelenggara

               pendidikan/yayasan untuk swasta).

 

3. Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan

    Baik

 

    3.1. Pengaturan alokasi dana yang berasal dari

           APBD/APBN /Yayasan / sumber lainnya

           1. Menyusun pedoman pengelolaan biaya

               investasi dan operasional.

           2. Pedoman pengelolaan biaya investasi dan

               operasional sekolah mengatur:

               1. sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah  

                   dana yang dikelola;

               2. penyusunan dan pencairan anggaran, serta

                   penggalangan dana di luar dana investasi

                   dan operasional;

               3. kewenangan dan tanggungjawab kepala

                   sekolah dalam membelanjakan anggaran

                   pendidikan sesuai dengan peruntukannya;

               4. pembukuan semua penerimaan dan

                   pengeluaran serta penggunaan anggaran,

                   untuk dilaporkan kepada komite sekolah,

                   serta institusi di atasnya.

            5. Sumbangan pendidikan atau dana dari

                masyarakat dapat berupa:

                1. biaya yang dikeluarkan oleh calon siswa

                    untuk dapat diterima sebagai siswa dengan

                    berbagai istilah antara lain: uang pangkal,

                    uang gedung, pembiayaan investasi

                    sekolah,

                2. sumbangan dari masyarakat (dunia usaha,

                    komunitas agama, donatur) yang berupa

                    infaq, sumbangan, bantuan/beasiswa; dan

                3. bantuan pemerintah/pemerintah daerah

                    misalnya Bantuan Operasional Sekolah,

                    maupun lembaga lain.

                6. Memiliki pedoman pengelolaan keuangan

                    terkait sumbangan pendidikan atau dana

                    dari masyarakat.

                7. Pengambilan keputusan dalam penetapan

                    besarnya dana yang digali dari masyarakat

                    sebagai biaya operasional dilakukan dengan

                    melibatkan berbagai pihak terkait (kepala

                    sekolah melibatkan komite sekolah,

                    perwakilan guru, perwakilan tenaga

                    kependidikan, perwakilan siswa dan

                    penyelenggara pendidikan/yayasan untuk

                    swasta).

                8. Pengelolaan dana dari masyarakat sebagai

                    biaya personal dilakukan secara transparan,

                    dan akuntabel yang ditunjukkan dalam

                    RKAS.

                9. Disusun sesuai dengan kaidah pelaporan

                    keuangan.

              10. Dilaporkan secara periodik kepada komite

                    atau yayasan atau diaudit secara internal

                    dan eksternal.

    3.2. Laporan pengelolaan dana

           1. Memiliki pembukuan biaya operasional berupa

               buku kas umum yang berisikan seluruh

               transaksi dengan didukung catatan dari buku

               pembantu, antara lain:

               1. Buku pembantu kas yang mencatat tiap

                   transaksi tunai dan ditandatangani oleh   

                   Bendahara dan Kepala Sekolah.

               2. Buku pembantu bank yang mencatat tiap

                   transaksi melalui bank (baik cek, giro

                   maupun tunai) dan ditandatangani oleh  

                   Bendahara dan Kepala Sekolah.

               3. Buku pembantu pajak yang mencatat semua

                   transaksi yang harus dipungut Pajak serta

                   memonitor pungutan dan penyetoran pajak

                   yang dipungut selaku wajib pungut pajak.

    3.3. Memiliki laporan yang dapat diakses oleh

           pemangku kepentingan

           1. Terdapat laporan pertanggungjawaban

               pengelolaan keuangan di antara pedoman

               pengelolaan keuangan dengan rincian     

               komponen-komponen biaya operasional yang

               telah dibelanjakan selama satu tahun sesuai

               dengan disertai bukti pelaporan.

           2. Dipertanggungjawabkan dan dilaporkan kepada

               orangtua siswa, masyarakat, dan pemerintah

               atau yayasan yang disertai dengan bukti-bukti.

           3. Laporan dapat diakses oleh pemangku

               kepentingan melalui:

               1. Media internet seperti website atau email

               2. Majalah sekolah

               3. Surat edaran

               4. Rapat komite

               5. dan lainnya

 

 

 

 

 

 

   Jumlah  Skor    :......................                                                                 Nilai          :.........................

                                                                                                                 Kriteria      :......................

Nilai    : Jumlah Skor x 100 %         

                Skor Maximum 32

 

   Keterangan : Skor  86- 100 %   Baik Sekali

                               71-  85 %     Baik

                               55-  70 %     Cukup

                                    >55 %     Kurang

 

 

 

                                                                                                                     ...................................

                                                                                                                     Petugas Supervisi

 

 

 

                                                                                                                     H.Hamzah H.Syahrir

                                                                                          NIP

 

 

 

 

                                                                         Mengetahui                                                    

            Kepala Sekolah                                                                                       Pengawas Sekolah

 

 

 

         ...........................................                                                   ..............................................

         NIP                                                                                                NIP

 

  Catatan :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar